Rabu, 23 Desember 2009

Menegakkan kebenaran 2

MENEGAKKAN KEBENARAN DAN KEADILAN


DASAR : QS. AL-KAHFI AYAT 29.


29. dan Katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; Maka Barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan Barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.


TAFSIR AYAT ;

Allah menyampaikan kepada manusia bahwa kebenaran yang hakiki dating dari Tuhan. Sedang kebenaran yang dating dari makhluk bersifat nisbi dan kontemporer. Adapun kebenaran yang dating dari Tuhanmu telah diwahyukan dalam al-Qur’an.

Setelah Allah menjelaskan tentang akan kebenaran yang mutlak kepada manusia, kemudian Allah memberi kemerdekaan yang penuh kepada manusia. Apakah ia menerima atau menolak. Jadi barangsiapa yang menginginkan kebenaran tersebut, Allah memerintahkansupaya beriman dan taat kepada Allah SWT dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Begitu sebaliknya, sekiranya mereka meragukan terhadap kebenaran di atas, Allah mempersilahkan kepada mereka untuk mengingkarinya.

Inilah sebagai konsekwensi bagi mereka yang mengingkari akan kebenaran Allah yang telah disampaikan kepada manusia. Allah mempersiapkan suatu tempat baik bagi mereka Yang mempercayai maupun bagi mereka yang mengingkari, sekalipun di sini tidak disebutkan tempatnya orang yang beriman, hal ini dapat dipahami dari kebalikan suatu kalimat bagi mereka yang kafir lagi zalim. Allah mempersiapkan suatu tempat yang bergejolak berapi dan berasap.

Allah memberikan gambaran kepada semua manusia, bahwa tempat yang dipersiapkan allah bagi mereka yang kafir tidak ada suatu makanan dan minuman yang dapat dimakan atau diminum kecuali cairan besi untuk meminumnya dan kayu dhori’ sebagai makanan (QS. Al-Qoshos ayat 5-8), baik cairan besi maupun kayu dhori’ semua itu dapat menghancurkan muka.

Sebagian mufassirin mengartikan bahwa minuman bagi penghuni neraka tidak hanya cairanbesi saja melainkan cairan-cairan yang lainnya seperti darah dan nanah yang semuanya itu sangat menjijikan.

Siapa saja yang menolak kebenaran Allah semua akan ditempatkan pada tempat peristirahatan yang paling jelek, baik sewaktu di alam barzah (kubur) terlebih di alam akherat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar